Transmigrasi, Memindahkan Kemiskinan?

14 11 2010

Transmigrasi?, oh..No.., Itu adalah program pemerintah yang memindahan kemiskinan dari pulau jawa ke pulau-pulau lainnya, atau gampangnya hanya memindahkan penduduk dari satu pulau ke pulau lainnya, setelah itu terserah apa yg dilakukan para transmigrasi tsb. Benarkah??, tentu saja tidak.. meskipun dalam pelaksanaannya tidak dipungkiri banyak para transmigran diberapa lokasi merasakan demikian…

pembangunan di kaw. transmigrasi

Dengan direvisinya UURI no 15/1977 menjadi UURI no. 29/2009 program pemerintah yang satu ini lebih berorientasi untuk mensejahterakan rakyatnya.  Sekarang ini,  baik pemerintah daerah yang menyediakan lokasi transmigrasi maupun pemerintah daerah yang mengirim para tramsmigran harus terlebih dahulu melakukan MOU, apa dan harus berbuat bagaimana masing-masing pihaknya.

Salah satu  program ketransmigrasian yg di clem sebagai pradigma baru Depnakertrans RI adalah adanya pengembangan Kota Terpadu Mandiri (KTM) yaitu mengembangkan lokasi permukiman transmigrasi yang sdh berkembang untuk berintegrasi dengan wilayah sekitarnya. Tidak lagi mesti rakyat miskin yg masuk kedalam program transigrasi. swasta, pebisnis, maupun investor dilibatkan dalam program transmigrasi sekarang.

Sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru, KTM, akan memberikan andil terhadap pengembangan ekonomi Indonesia kedepan. Harapannya, petani tidak lagi kesulitan untuk memasarkan komoditinya. Nantinya, di kawasan KTM akan tersedia infrastruktur pengembangan ekonomi yang dibangun oleh pemerintah pusat bersama-sama dgn pemerintah daerah dan investor. Di kawasan ini juga dikembangkan bentuk pelatihan, maupun keperluan lainnya.

Semoga saja. Program transmigrasi yang hanya memindahkan kemiskinan atau memindahkan orang dari pulau berpenduduk padat ke pulau berpenduduk tidak padat adalah bukan tujuan. Keadilan dan kesejahteraan rakyat adalah adalah harapan, sehingga integrasi NKRI tetap dapat terjaga.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: