LEGALISASI PKL BANDUNG

23 05 2010

Komisi A Usul PKL di Bandung Dilegalkan

Jumat, 19 Maret 2010

BANDUNG, TRIBUN – Komisi A DPRD Kota Bandung mengusulkan agar keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Bandung dilegalkan. Melalui pelegalan PKL diharapkan akan mempermudah Pemerintah Kota Bandung dalam melakukan pengaturan dan pembinaan terhadap PKL.

“Kita akan usulkan raperda inisiatif untuk mengatur PKL. Agar nanti pasar tumpah, pasar minggu, dan PKL lainnya dapat diatur. PKL dilegalkan, dibina, dan diatur jam beroperasinya,” kata anggota komisi A DPRD Bandung Aat Safaat Khodijat di gedung DPRD Kota Bandung, Kamis (18/3).

Aat menilai perda inisiatif tersebut sangat diperlukan agar penataan PKL di Kota Bandung lebih terarah. Selain penataan, para PKL hendaknya juga mendapat pembinaan dari Pemerintah Kota Bandung. Melalui pembinaan dan penataan yang terarah oleh pemkot Bandung, PKL justru dapat memberikan kontribusi positif baik kepada pemerintah maupun kepada diri PKL itu sendiri.

“Tak ada Perda yang mengatur pihak yang bertanggung jawab dan memiliki kewenangan membina para PKL di Kota Bandung. dalam perda RTRW semangat pemerintah untuk membina PKL itu ada, tapi tidak ada perda khusus yang mengaturnya. Oleh karena itu, DPRD mengajukan Perda inisiatif yang diharapkan membuat keberadaan PKL di Kota Bandung bisa lebih maksimal,” kata Aat.

Meski pembahasan raperda inisiatif baru sampai pada tahap pematangan isu, raperda tersebut dipastikan dibahas DPRD Kota Bandung. Raperda inisiatif PKL ini, kata Aat, sudah masuk dalam program legislasi daerah (prolegda) 2010.

Aat juga menilai kebijakan Pemkot Bandung terkait pengalokasian anggaran penataan PKL di sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lebih mengarah kepada penertiban PKL bukan penataan dan pembinaan PKL. Padahal, menurutnya, keberadaan PKL merupakan suatu fenomena kegiatan perekonomian rakyat kecil yang harus mendapat perhatian serius dari pemerintah. (ss)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: