PROFIL KTM RASAU JAYA

29 04 2009
I.
Gambaran Umum Kawasan
 
 
Kota Terpadu Mandiri (KTM) adalah kawasan yang direncanakan untuk menciptakan kawasan yang cepat tumbuh dikawasan lokasi eks transmigrasi yang terletak di 4 kecamatan yaitu Kecamatan Rasau Jaya, Sungai Raya, Teluk Pakedai dan Kubu, Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Secara geografis KTM ini terletak pada posisi 109 11′ 06 ” s/d 109 31′ 02” Bujur Timur dan 0 12′ 36” s/d 0 32′ 07 “ Lintang Selatan. Pusat kawasan adalah Ibu Kota Kecamatan Rasau Jaya yang dekat dengan Pontianak berjarak 30 Km, demikian juga dari Bandara Supadio berjarak 15 Km. Kawasan ini sangat strategis dalam bidang kegiatan bisnis karena aksesibilitas cukup baik.

Kawasan KTM Rasau Jaya seluas 97.710 Ha, berpenduduk 57.204 jiwa, kawasan ini sebahagian adalah lokasi eks Transmigrasi penempatan sekitar tahun 1991 yang lalu. Saat ini diperkirakan lahan dikawasan ini akan menerima penempatan transmigran baru sejumlah 1.590 KK.

II.
Kondisi Perekonomian.
 
 

Pekerjaan masyarakat dikawasan ini bekerja pada sektor pertanian, dimana produksi unggulan adalah padi dengan luas panen 2.709 Ha, dan rata-rata produksi perhektar 23,06 Kw/Ha. Selain itu adalah jagung dan ubi kayu, luas panen jagung mencapai 246,52 Ha dengan rata-rata produksi perhektar 18,29 Kw/ha, sedangkan ubi kayu seluas 991 Ha dengan rata-rata produksi mencapai 127,25 Kw/ha. Di kawasan ini juga terdapat perkebunan yang cukup luas yaitu perkebunan karet dan kelapa sawit. Selain itu adalah dagang dan jasa, peternakan sapi, kambing, ayam buras dan budidaya rumput laut. Laju pertumbuhan perekonomian dikawasan ini dipacu dengan beberapa sektor, diantaranya sektor jasa, sektor listrik, gas, air bersih, bangunan, keuangan dan komunikasi.

 

III.

Kondisi Sarana dan Prasarana

 
 
  1. Fasilitas pendidikan dikawasan KTM terdiri dari TK 10 unit, SD 52 unit, SLTP 10 unit, SLTA 4 unit dan Madrasah 15 unit. Fasilitas pendidikan ini tersebar di 4 Kecamatan.
  2. Fasiltas kesehatan terdiri dari 2 Puskesmas, 14 Puskesmas Pembantu dan 23 Polindes.
  3. Kebutuhan Air Bersih berasal dari PDAM cabang Sunagi Raya dan dipedesaan air bersih bersumber dari air tanah, sungai dan air hujan.
  4. Jaringan telekomunikasi secara umum Belem terjangkau sampai kedesa-desa khususnya dari PT. Telkom, Namun dikawasan ini telah dibangun pihak swasta beberapa antena untuk operacional telepon seluler.
  5. Jaringan listrik di seluruh pelosok telah terjangkau yang dipasok oleh PT.PLN Cabang Pontianak.
  6. Jaringan transportasi dikawasan ini cukup tinggi, semua kecamatan telah terhubung dengan jalan aspal, kerikl dan tanah, demikian juga antara desa kedesa telah terlayani dengan jalan darat dan sungai yang ada. Sesuai dengan rencana KTM untuk pusat pelayanan kota akan dibangun jalan TOL untuk pengembangan dermaga Kakab serta dermaga disetiap desa. Kondisi jaringan jalan dikawasan KTM ini adalah jalan aspal 220.2 Km, jalan perkerasan/kerikil 17,21 Km dan tanah 339 Km.
IV.
Peluang Bisnis
 
 
  1. Luas KTM yang mencapai 97.710 Ha dan terletak pada lokasi strategis mempunyai banyak peluang usaha, hal ini dapat disampaikan karena PDRB Kabupaten yang cukup tinggi yang berasal dari lapangan usaha unggulan yakni pertanian, industri pengolahan, perdagangan dan jasa perhotelan. PDRB kabupaten berdasarkan BPS Kabupaten tahun 2004 sebesar Rp. 5.150.285.590.000,-
  2. Selain pembangunan perkebunan karet dan sawit, telah ada investor untuk membangun perkebunan Nenas, sehingga peluang untuk usaha bidang angkutan cukup potensial ditambah dengan pengangkutan hasil produksi masyarakat petani ke pasar Kabupaten atau Kecamatan.
  3. Dilihat dari PDRB wilayah yang cukup tinggi dan dipadukan dengan kondisi jalan maka di KTM ini pembukaan usaha konstruksi bidang sipil cukup potensial.
  4. Produksi unggulan di KTM ini adalah padi dan jagung maka peluang untuk membangun penggilingan padi dan pengolahan jagung sangat potencial, saling terkait dengan penjualan produksi ke kota-kota pusat pemasaran.
  5. Selain pemasaran produksi tersedia peluang untuk pengadaan bibit, saprodi untuk transmigran maupun masyarakat setempat
  6. Dari berbagai peluang tersebut pemerintah dari segala tingkat mendukung dalam hal untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, permodalan akan diberikan bantuan tanpa agunan, silahkan hubungi instansi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Setempat.

Aksi

Information

One response

16 04 2010
tuti hariati

Jalan antara bandara supadio dengan kota rasau jaya dalam kondisi berlubang-lubang sehingga kurang nyaman bila dilalui dalam perjalanan ke terminal speed boat jurusan Teluk Batang. Apakah menunggu sampai kondisinya makin parah dahulu baru diperbaiki? Mohon dengan hormat kepada Pemda dan atau tokoh2 masyarakat yang memiliki dana, untuk saat ini juga memikirkan dan terus berkiprah memperbaikinya. Tidak akan mubazir kok mengingat jalan tersebut tidak terpencil bahkan sangat strategis. Kalbar, I love you all!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: