RUSUN INDAL, Pilot Project Untuk Tidak Dicontoh

20 08 2008

Siapa tak kenal Bandung, tepatnya di pusat Kota, Jalan Industri dalam, ada Komplek rumah susun, Namanya Rusun Indal (Industri Dalam). Katanya sih..  rumah susun percontohan (pilot project) di Indonesia, bahkan bukan saja percontohan untuk di indonesia , rumah susun ini pernah dikunjungi oleh para perwakilan negara-negara miskin dari asia dan afrika.

rusun indal

rusun indal

Ada suatu hal yang lucu, meskipun rusun ini telah dihuni lebih dari 15 tahun, setahu penulis, rusun ini belum pernah diresmikan atau disyahkan oleh pemerintah kota Bandung, akibatnya, tujuan utama rusun untuk meremajakan kota atau untuk membenahi kekumuhan kota, sekarang malah menjadi sumber kekumuhan kota yang ada di bandung ini. Belum lagi masalah kepemilikan dari rusun ini, sepertinya pemkot Bandung sudah sama sekali tidak perduli, para penghuni bebas untuk memperjual belikan atau memindah tangankan rumah ke orang yang tidak berhak.

Idealnya, rusun yang ada di bdg ini adalah sebagai salah satu bagian dari infrastruktur kota, pemerintah seharusnya dapat mengelola rusun ini dan dapat menjadi bagian kebanggaan  kota Bandung. Atau memang benar rusun indal sebagai rusun percontohan yang  tidak perlu dicontoh….

tidak adanya aturan yg jelas, lahan bermain anakpun diserobot, menjadi lahan parkir SD bina bakti

tidak adanya aturan yg jelas, lahan bermain, menjadi lahan parkir SD bina bakti.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: